Cari Tahu Penyebab Penyakit Wasir atau Ambeien

Penyebab Umum Ambeien atau Wasir, Kamu Harus Tahu untuk Mencegahnya!
obat ambeien alami paling ampuh
Ambeien atau wasir merupakan pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah yang terjadi di usus besar bagian akhir, atau anus. Wasir biasanya menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman sehingga dapat menghambat aktivitas sehari-hari.
Namun, tahukah kamu penyebab umum terjadinya wasir? Berikut ini informasi selengkapnya.
1. Duduk terlalu lama
Saat duduk terlalu lama, pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Hal inilah yang menyebabkan seseorang tanpa sadar mengalami wasir. Aliran darah yang konstan tersebut akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin besar dan mengakibatkan munculnya wasir.
2. Mengangkat benda berat
Mengangkat benda berat secara berulang kali atau terus menerus nyatanya dapat menyebabkan munculnya wasir. Hal ini karena mengangkat benda berat dapat membuat penumpukan tekanan di bagian anus. Sehingga kondisi tersebut akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah di sekitar anus menjadi bengkak.
3. Kehamilan
Sebagai tempat perkembangan janin, rahim akan semakin membesar seiring usia kehamilan berjalannya. Tekanan pada rahim tersebut menjadi salah satu pemicu timbulnya wasir bahkan dapat memunculkan benjolan di daerah anus.
4. Sembelit
Saat terjadi sembelit, feses yang akan dikeluarkan akan mengeras sehingga perlu tenaga dan upaya yang lebih besar untuk mengejan. Akibatnya, tekanan besar tersebut justru memicu bengkak wasir di sekitar anus.
5. Kurang makanan berserat
Mengonsumsi makanan berserat nyatanya mampu memperlancar sistem pencernaan tubuh. Sebaliknya, saat tubuh kekurangan salah satu zat penting dalam metabolisme, maka sistem pencernaan akan terhambat. Akibatnya akan timbul penyakit yang tidak diinginkan seperti wasir.
6. Hubungan seks anal
Hubungan seks anal merupakan upaya pemuasan fantasi seksualitas dengan melakukan hubungan lewat anus. Sayangnya, aktivitas seks tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya wasir.
7. Faktor usia
Kondisi tubuh yang semakin menua nampaknya memang sangat berpengaruh pada kesehatan. Nyatanya, saat tubuh menua maka jaringan pembuluh darah di sekitar anus menjadi lemah dan meregang. Sehingga dalam kondisi tersebut akan sangat rentan terjadi pembengkakan dan muncul wasir.